Senin, 13 Maret 2017

teori belajar revolusi sosio kultural



Oleh: Izmi Latifa Navida

Pada pertemuan hari ini, Senin tanggal 5 Maret 2017 membahas mengenai teori belajar revolusi sosio kultural dan penerapannya dalam pembelajaran. Dalam kuliah hari ini dilakukan diskusi presentasi, yang menambah pengetahuan dan pemahaman saya tentang teori belajar revolusi sosio kultural dan penerapannya dalam pembelajaran. Ada beberapa point penting dari pembelajaran hari ini yaitu:
Menurut  Piaget, belajar ditentukan karena adanya karsa individu artinya pengetahuan berasal dari individu, keaktifan siswa menjadi penentu utama dan jaminan kesuksesan belajar. Sedangkan penataan kondisi atau faktor lingkungan hanya sekedar memudahkan belajar. Menurutnya perkembangan kognitif merupakan proses genetik yang diikuti adaptasi biologis dengan lingkungan sehingga terjadi ekuilibrasi (keseimbangan). Untuk mencapai ekuilibrasi dibutuhkan proses adaptasi (asimilasi dan akomodasi).
Menurut vigotsky Peningkatan fungsi-fungsi mental bukan berasal dari individu itu sendiri melainkan berasal dari kehidupan sosial atau kelompoknya. Kondisi sosial bertindak sebagai tempat penyebaran dan pertukaran pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai sosial budaya. Tiga konsep penting dalam teori sosiogenesis Vygotsky tentang perkembangan kognitif yang sesuai dengan revolusi sosiokoltural dalam teori belajar dan pembelajaran, yakni:
1.      Hukum genetik tentang perkembangan (genetic law of development)
2.      Zona perkembangan proksimal (zone of proximal development)
3.      Mediasi
Vygotsky berpendapat bahwa perkembangan harus dilihat dari perspektif 4 tahap yang saling berhubungan dalam interaksi anak dengan lingkungan:
1.      Perkembangan Ontogenic
2.      Perkembangan Microgenic
3.      Perkembangan Phylogenic
4.      Perkembangan Sociohistorical
Penerapan teori revolusi sosio-kultural dalam pendidikan dapat terjadi pada 3 jenis pendidikan yakni pendidikan informal (keluarga), pendidikan nonformal dan  pendidikan formal. Anak adalah seorang eksplorer yang mempunyai rasa ingin tahu tinggi, aktif, selalu ingin menemukan dan mengembangkan penegtahuan baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar