Rabu, 19 April 2017

Refleksi pembelajaran CTL



Pada pertemuan hari ini, tanggal 15 Maret 2017 membahas mengenai pembelajaran CTL. Dalam kuliah hari ini dilakukan diskusi presentasi, yang menambah pengetahuan dan pemahaman saya tentang pembelajaran CTL. Ada beberapa point penting dari pembelajaran hari ini yaitu:
Pendekatan CTL merupakan “Konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat, keluarga, kelompok dan organisasi, bahkan pertemuan diantara sesama anak sehari-hari.
Implementasi model pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan dengan rencana pembelajaran yang dirancang guru memuat skenario tahapan-tahapan yang akan dilakukan disesuaikan dengan materi pembelajaran. Penekanan pembelajaran terletak pada strategi yang akan digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Rencana pembelajaran yang disusun pada dasarnya tidak ada perbedaan dengan rencana pembelajaran konvensional, perbedaan hanya terletak pada skenario pembelajarannya.
Saya masih belum paham mengenai kelebihan dan kekurangan pembelajaran CTL yang diterapkan di jenjang sekolah-sekolah tinggi. Bagaimana cara membuat pembelajaran yang baik dan evaluasinya efektif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar