Rabu, 19 April 2017

Refleksi Siklus Belajar



Pada pertemuan hari ini, tanggal 20 Maret 2017 membahas mengenai Siklus Belajar. Dalam kuliah hari ini dilakukan diskusi presentasi, yang menambah pengetahuan dan pemahaman saya tentang Siklus Belajar. Ada beberapa point penting dari pembelajaran hari ini yaitu:
Siklus belajar (learning cycle) adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered). Pengembangan model ini pertama kali dilakukan oleh Science Curriculum Improvement Study (SCIS) pada tahun 1970-1974. Model ini dilandasi oleh pandangan kontruktivisme dari Piaget yang berangapan bahwa dalam belajar pengetahuan itu dibangun sendiri oleh anak dalam struktur kognitif melalui interaksi dengan lingkungannya.
Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar:
Penerapan strategi ini memberi keuntungan sebagai berikut:
Meningkatkan motivasi belajar karena peserta didik dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, membantu mengembangkan sikap ilmiah peserta didik, pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Adapun kekurangan penerapan strategi ini adalah: Efektifitas pembelajaran rendah jika guru kurang menguasai materi dan langkah-langkah pembelajaran, menurut kesungguhan dan kreativitas guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran, memerlukan pengelolaan kelas yang lebih terencana dan  terorganisasi, memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran.
Saya masih belum paham mengenai cara agar pembelajaran dengan model siklus belajar dapat berlangsung baik dan tujuan pembelajaran tercapai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar