Selasa, 31 Januari 2017

REFLEKSI PERKULIAHAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 2

Senin, 30 Januari 2017
Oleh: Izmi Latifa Navida


            Hari ini, pada tanggal 30 Januari 2017 adalah pertemuan ketiga dari matakuliah Belajar dan Pembelajaran. Kali ini materi yang di bahas mengenai sistem kurikulum di Indonesia. Saya dan teman-teman semua sebagai calon seorang pendidik harus memahami konsep sistem kurikulum di Indonesia karena hal itu penting sekali. Kurikulum merupakan pedoman untuk menyampaikan pendidikan, dimana kita sebagai calon seorang pendidik wajib paham mengenai sistem kurikulum ini.
Kurikulum harus mengacu pada tujuan pendidikan Indonesia, yaitu menurut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sehingga dari sini kita mengetahui bahwa kurikulum itu tidak hanya mencerdaskan bangsa, tetapi kurikulum itu adalah a plan for learning yang bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan potensi bangsa, watak bangsa, mengembangkan iman dan ketaqwaan bangsa terhadap Tuhan Yang Maha Esa , berahlak mulia, dan kreatif.
         Saat membahas tentang kurikulum, ada pertanyaan kurikulum yang bagaimanakah yang menurut kami baik diterapkan di Indonesia berdasrakan pengalaman kami saat sekolah dulu. Banyak jawaban dan pendapat dari teman-teman, saya pun juga mengeluarkan pendapat, dimana kurikulum di Indonesia itu lebih baik memberikan pengalaman kepada peserta didik secara langsung, maksudnya peserta didik diberikan bahan materi untuk dicari, dipelajari, dan didiskusikan bersama, jika ada konsep yang salah nantinya guru yang akan membenarkan. Selain itu, tidak hanya belajar teori, belajar praktikum juga harus diterpakan agar peserta didik paham akan konsep teori yang dibuktikan karena mengamati secara langsung.
           Kurikulum di Indonesia haruslah ada nilainya, yang dimaksud nilai di sini bukan nilai angka akan tetapi nilai Value, misalnya seperti di UM yang menjadi valuenya adalah slogan “The Learning University” artinya slogan tersebut memiliki makna UM sebagai learning organization dan sebagai learning resource. Learning organization maksudnya belajar merupakan tanggung jawab organisasi dan individu. Terkait dengan hal ini UM bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong pembelajaran individu. Learning resource maksudnya UM akan mewujudkan universalitas jati dirinya untuk mengubah Lingkungan Kampus UM yang Membelajarkan dan Mendayagunakan Sumberdaya Manusia UM sebagai Sumber Belajar bagi Semua (rujukan).

          Ada beberapa hal yang diubah dari sistem pendidikan di Indonesia, misalnya pendidikan di Indonesia mengajarkan untuk menjadi manusia yang produktif bukan manusia yang konsumtif, dengan begitu Indonesia bisa mengelola sumber daya alamnya dengan baik tanpa harus mengimpor barang-barang dari luar negeri. Selain itu, budaya konsumtif di Indonesia juga harus diubah agar masyarakat Indonesia bisa menjadi masyarakat yang produktif. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar