Selasa, 07 Februari 2017

Refleksi belajar dan pembelajaran 3 senin, 6 feb 2017

            Pada hari ini, senin 6 Februari 2017 membahas mengenai hakikat, ciri-ciri belajar dan pembelajaran (teori deskriptif dan preskriptif). Sebelum masuk ke hakikat dan ciri belajar kita harus mengetahui apa sih maksud atau arti dari kata belajar. Belajar artinya tidak hanya menguasai pengetahuan akan tetapi juga diimbangi peningkatan kualitas moral serta keagamaan. Belajar merupakan sebuah perubahan tingkah laku yang dapat kita amati.
Hakikat dari belajar adalah suatu kegiatan yang memliki tujuan untuk mengubah tingkah laku untuk menjadi lebih baik. Ciri-ciri dalam belajar dan pembelajaran, menurut berbagai pendapat:
a.       Perubahan yg terjadi secara sadar
b.      Perubahan dalam belajar bersifat fungsional
c.       Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif
d.      Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara
e.       Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku
f.       Perubahan bersifat tetap,
g.      Perubahan bukan bersifat fisik
h.      Perubahan dicapai dengan usaha
i.        Dalam belajar mesti ada tujuan
j.        Ada pendidik sebagai fasilitator
k.      Adanya materi untuk bahan ajar
l.        Ada sebuah proses dalam belajar
m.    Adanya ketertiban untuk menjaga kedisiplinan
n.      Adanya evaluasi untuk mengetahui kemampuan dan pencapaian siswa
                 Dalam belajar dan pembelajaran erat kaitannya dengan teori deskriptif dan teori preskriptif. Teori deskriptif adalah teori belajar, karena dalam belajar bertujuan memberikan proses belajar.jadi ada proses untuk mencapai hasil belajar. Teori deskriptif untuk memberikan hasil. Contoh dari teori deskriptif: anak SD kelas 1 yang belum mengetahui sistem perkalian seperti 2 dikali satu setelah dia menempuh proses sehingga anak itu dapat mengetahui hasil 2 dikali satu yaitu dua.
Kelebihan dari teori deskriptif, yakni adanya metode yang  terkonsep dan menjadikan siswa mencari materi sebanyak-banyaknya. Kekurangan dari teori deskriptif, yaitu kurang memperhatikan sisi psikologis dari peserta didik karena pada teori ini yang lebih diamati adalah hasilnya, setiap anak memiliki kecerdasan dan cara belajar yang beda-beda sedangkan anak tersebut dituntut untuk memeperoleh hasil yang maksimal.
                Teori preskriptif adalah teori pembelajaran, lebih ke metode pembelajaran yang digunakan. Contoh teori preskriptif: siswa yang diharuskan membaca bukunya berulang-ulang untuk dapat memahami materi, di sini metode yang diterapkan agar siswa memahami materi adalah metode membaca berulang-ulang. Kelebihan teori preskriptif, yaitu lebih sistematis, memiliki tujuan yang lebih jelas. Kekurangan teori preskriptif, yaitu membutuhkan waktu yang lebih lama karena lebih terstruktur.
                Teori preskriptif diperoleh di sekolah, misalnya metode belajarnya yang terencana, terstruktur, dan sistetmatis. Sedangakan teori deskriptif diperoleh siswa diluar sekolah dari pengalamannya sendiri.

Teori belajar menjelaskan bagaimana manusia itu belajar. Istilah pembelajaran berasaldari istilah teaching, sedangkan belajar berasal dari  kata learning. Pembelajaran sama dengan pengajaran. Learning menjelaskan bagaimana seseorang itu belajar (teori deskriptif) apapun yang digunakan untuk belajar digunakan sehingga lebih mengarah pada kebebasan individu dan penyediaan sumber yang lebih beragam dan sumber tersebut dicari dengan caranya sendiri sehingga tidak terprogram pada sistem belajar. Teori preskriptif (teaching) melihat lebih ke desain proses belajar dengan melihat tujuan belajar. Jika desainnya tidak bagus maka akan mematikan kreativitas siswa karena hanya berpaku pada tujuan tertentu. Proses belajar lebih diatur sehingga tidak memberikan kebabasan siswa untuk mencari sumber lain. Siswa tidak mengalami proses learning. Dari sini dapat disimpulkan bahwa teori preskriptif itu baik akan tetapi lebih baik jika dipadukan dengan teori deskriptif sehingga kita sebagai calon pendidik harus mampu menerapakan teori deskriptif dan teori preskriptif dengan berjalan berdampingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar