Senin, 27 Februari 2017

Refleksi Belajar dan Pembelajaran, Rabu 22 februari 2017

Pada pertemuan hari ini, Rabu tanggal 22 Februari 2017 membahas mengenai teori belajar behavioistik, teori kognitif dan teori konstruktivisme. Dalam pertemuan ini dilakukan review pada teori-teori belajar tersebut.
  1.                Teori belajar kognitif lebih mementingkan proses belajar dari pada hasil belajarnya.
    2.         Tokoh pada teori belajar kognitif diantaranya J.B. Watson, E.L Thorndike, Pavlov, dan B. F. Skinner.
    3.         Pada teori kognitif terdapat tahapan yaitu asimilasi dan akomodasi. Asimilasi dan akomodasi sangat sulit pada orang dewasa.
    4.         Perbedaan pandangan Piaget dan Vygosky adalah teori yang dikemukan oleh Piaget adalah perkembangan mental sejalan dengan perkembangan fisik, sedangkan teori Vygosky lebih mengarah ke perkembangan sosial.
    5.         Teori belajar behavioristik menjelaskan bahwa belajar adalah perubahan perilaku yang dapat diamati, diukur dan dinilai secara konkret.
    6.         Yang terpenting pada teori behavioristik adalah teori adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.
    7.         Tokoh pada teori belajar behavioristik adalah Jean Piaget, Robert Glaser, Jhon Aderson, Jerome Bruner dan David Ausubel.
    8.         Asosiasi menghubungkan kejadian satu dengan yang lainnya tidak selamanya berlaku.
    9.         Orang belajar pada prinsipnya membangun pemahaman.
    10.     Pembelajaran konstruktif juga membantu siswa dalam memahami konsep suatu materi pelajaran melalui learning by doing, sehingga diharapkan pembelajaran lebih bermakna dan melekat dalam benak siswa.
    11.     Penghargaan dan hadiah memiliki perbedaan yaitu penghargaan adalah hasil dari proses belajar, sedangkan hadiah tidak berkaitan dengan proses belajar.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar