Pada pertemuan
hari ini, tanggal 13 Maret 2017 membahas mengenai pembelajaran PAKEM (
pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan). Dalam kuliah hari ini
dilakukan diskusi presentasi, yang menambah pengetahuan dan pemahaman saya
tentang pembelajaran PAKEM. Ada beberapa point penting dari pembelajaran hari
ini yaitu:
PAKEM merupakan model pembelajaran dan menjadi pedoman
dalam bertindak untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan pelaksanaan
pembelajaran PAKEM, diharapkan berkembangnya berbagai macam inovasi kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang partisipatif, aktif,
kreatif, efektif, dan menyenangkan. Unsur-unsur PAKEM:
a) Pembelajaran Partisipatif: Pembelajaran
partisipatif yaitu pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan
pembelajaran secara optimal. Pembe pembelajaranlajaran ini menitikberatkan pada keterlibatan siswa pada kegiatan (
childcentre/student centre) bukan pada dominasi guru dalamn materi pelajaran
(teacher centre).
b) Pembelajaran Aktif: Pembelajaran
aktif merupakan pendekatan pembelajaran yang lebih banyak melibatkan aktivitas
siswa dalam mengases berbagai informasi dan pengetahuan untuk dibahas dan
dikaji dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga mereka mendapatkan berbagai
pengalaman yang dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensinya.
c) Pembelajaran Kreatif: Pembelajaran
kreatif merupakan proses pembelajaran yang mengharuskan guru untuk dapat
memotivasi dan memunculkan kreativitas siswa selama pembelajaran berlangsung,
dengan menggunakan beberapa metode dan strategi yang bervariasi, misalnya kerja
kelompok, bermain peran, dan pemecahan masalah.
d) Pembelajaran Efektif: Pembelajaran
dapat dikatakan efektif jika mampu memberikan pengalaman baru kepada siswa
membentuk kompetensi siswa, serta mengantarkan mereka ke tujuan yang ingin
dicapai secara optimal. Hal ini dapat dicapai dengan melibatkan serta mendidik
mereka dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Seluruh siswa
harus dilibatkan secara penuh agar bergairah dalam pembelajaran, sehingga
suasana pembelajaran betul-betul kondusif dan terarah pada tujuan dan
pembentukan kompetensi siswa.
e) Pembelajaran Menyenangkan: Pembelajaran
menyenangkan (joyfull instruction) merupakan suatu proses pembelajaran yang di
dalamnya terdapat suatu kohesi yang kuat antara guru dan siswa, tanpa ada
perasaan terpaksa atau tertekan ( not under pressure).
Saya
masih belum paham mengenai aplikasi pembelajaran PAKEM yang diterapkan di
jenjang sekolah-sekolah tinggi. Bagaimana cara membuat pembelajaran yang
partisipatif, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar