Pada pertemuan
hari ini, tanggal 20 Maret 2017 membahas mengenai Siklus Belajar. Dalam kuliah
hari ini dilakukan diskusi presentasi, yang menambah pengetahuan dan pemahaman
saya tentang Siklus Belajar. Ada beberapa point penting dari pembelajaran hari
ini yaitu:
Siklus belajar (learning cycle) adalah suatu model pembelajaran yang
berpusat pada peserta didik (student centered). Pengembangan model ini pertama
kali dilakukan oleh Science Curriculum Improvement Study (SCIS) pada tahun
1970-1974. Model ini dilandasi oleh pandangan kontruktivisme dari Piaget yang
berangapan bahwa dalam belajar pengetahuan itu dibangun sendiri oleh anak dalam
struktur kognitif melalui interaksi dengan lingkungannya.
Kelebihan dan Kekurangan
Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar:
Penerapan strategi ini memberi
keuntungan sebagai berikut:
Meningkatkan motivasi belajar karena
peserta didik dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, membantu
mengembangkan sikap ilmiah peserta didik, pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Adapun kekurangan penerapan strategi
ini adalah: Efektifitas pembelajaran rendah jika guru kurang menguasai materi
dan langkah-langkah pembelajaran, menurut kesungguhan dan kreativitas guru
dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran, memerlukan pengelolaan
kelas yang lebih terencana dan
terorganisasi, memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak dalam
menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran.
Saya
masih belum paham mengenai cara agar pembelajaran dengan model siklus belajar
dapat berlangsung baik dan tujuan pembelajaran tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar